Jaguar E-Pace Mampu Pelajari Kebiasan & Selera Pengemudi, Mau?

Jaguar E-Pace - Jaguar Land Rover
01 Juli 2018 21:30 WIB Muhammad Khadafi Otomotif Share :

Harianjogja.com, CONVENTRY—Jaguar E-PACE kembali hadir dengan membawa sejumlah pembaruan. Pengendara dan penumpang tidak hanya merasakan kenyamanan ganda tetapi juga kemudahan hidup dengan ditopang teknologo canggih. 

Jaguar E-PACE telah mencapai penjualan yang kuat di segmen yang sangat kompetitif dan memenangkan serangkaian penghargaan, termasuk Crossover of the Year 2017 dari majalah Top Gear. Sekarang, mobil ini bahkan lebih menarik dan terjangkau dengan sejumlah fitur baru yang tersedia. Seperti dikutip dalam keterangan persnya, pembaruan pada Jaguar E-PACE itu mencakup disematkannya teknologi self-learning Smart Setting, pengaturan suspensi Adaptive Dynamics, dan mesin bensin Ingenium 200PS yang hemat biaya dan irit bahan bakar.

 Smart Settings menggabungkan algoritme kecerdasan buatan sehingga E-PACE mampu mempelajari kebiasaan dan selera pengemudinya, memprediksi preferensi tempat duduk, iklim, dan bahkan musik. 

Adaptive Dynamics menawarkan kenyamanan dan kelincahan yang lebih besar, mengubah tingkat jeda setiap 10-milidetik untuk merespons penanganan yang ditingkatkan dan kontrol tubuh. 

Mesin 200PS Ingenium yang bersih dan efisien membuat tenaga bensin itu menjadi lebih terjangkau untuk dibeli dan dijalankan. Dengan mesin ini Jaguar E-Pace bisa berakselerasi dalam rentang 0-60mph (0-100km / jam) dalam 7,7 (8,2) detik dan 34,4mpg. 

Mesin baru ditambahkan ke jajaran mesin 250PS dan 300PS Ingenium Petrol yang ada. Semua mesin sekarang dilengkapi dengan filter partikulat untuk lebih mengurangi emisi. 

Kecerdasan Buatan

E-PACE kini dilengkapi teknologi belajar mandiri Jaguar, Smart Setting. Debut di I-PACE serba listrik, Smart Settings mempelajari kebiasaan pengemudi dan mengantisipasi kebutuhan mereka untuk membuat hidup mereka lebih mudah. 

Jaguar E-PACE mengenali pengemudi yang mendekati, berdasarkan pada kunci fob dan sinyal Bluetooth smartphone. Kendaraan akan menyesuaikan sistem kursi, iklim, dan infotainment berdasarkan preferensi normal pengemudi. 

Seiring waktu, algoritme menyesuaikan pengaturan berdasarkan waktu, lokasi, cuaca, dan pola perilaku, misalnya pra-pemanasan roda kemudi dan kursi pada hari yang dingin, atau mengubah sumber media pada hari tertentu dalam seminggu atau sepanjang hari. Hingga delapan profil dapat diatur di Jaguar E-PACE, menjadikannya sebagai penawaran yang berharga bagi pengguna armada dan mereka yang berbagi kendaraan mereka. 

Fungsi Intelligent Phone Reminder juga akan memberi tahu pengemudi jika mereka lupa ponsel pintar mereka, sedangkan Predictive Call List mempelajari pola penggunaan telepon untuk mengarahkan kontak populer pada waktu yang tepat. 

Smart Settings ditawarkan sebagai bagian dari Connect Pro Pack, yang juga terdiri dari 4G Wi-Fi Hotspot, Pro Services, dan Navigation Pro - yang menawarkan informasi lalu lintas real-time, rute dari pintu ke pintu dari ponsel cerdas Anda, street view dan parkir tersedianya. 

Adaptive Dynamics

Adaptive Dynamics menawarkan respons penanganan, kontrol tubuh, dan pengendaraan yang lebih baik. Adaptive Dynamics menggunakan teknologi variable damper yang kontinu dengan desain tabung-tiga dan katup hidraulik yang dipasang secara eksternal. Ini memberikan ruang yang lebih besar untuk menyesuaikan keseimbangan antara penanganan respons dan kontrol tubuh. Pengaturan cerdas menghasilkan respons yang lebih cepat dan lagu off-road khusus. 

Adaptive Dynamics memonitor pergerakan kendaraan setiap 2 milidetik dan menghitung gaya redaman yang dibutuhkan setiap 10 milidetik untuk merespon secara instan input pengemudi dan perubahan permukaan jalan, memberikan kontrol yang lebih besar dan meminimalkan body roll. Permukaan kasar dan kondisi off-road segera dirasakan, dan redamannya juga sesuai. 

Driver dapat memilih pengaturan Normal dan Dinamis untuk Adaptive Damper melalui menu Configurable Dynamics di sistem Jaguar Drive Control. Mode Normal berfokus pada kenyamanan saat pengaturan Dinamis dikalibrasi untuk memberikan peningkatan kontrol tubuh dan penguasaan jalan, sehingga meningkatkan kepercayaan pengemudi di belakang kemudi. 

Mesin 200PS

E-PACE sekarang tersedia dengan mesin bensin Ingling 4-silinder turbocharged milik Jaguar Land Rover yang bersih dan efisien untuk pertama kalinya. 

Model 200PS menyelesaikan sprint 0-60mph (0-100km / h) dalam 7,7 (8,2) detik, menghasilkan penghematan bahan bakar 34,4 mpg (8,2 l / 100km) dan emisi CO2 186 g / km. 

Mesin baru ini memiliki koleksi teknologi canggih yang sama yang ditemukan di seluruh sisa keluarga mesin Ingenium. Ini termasuk turbocharger gulir kembar, Continous Variable Valve Lift, dan variabel cam timing yang berfungsi untuk meningkatkan daya dan efisiensi serta kemampuan berkendara. 

Semua mesin sekarang dilengkapi dengan filter partikulat untuk membuatnya lebih bersih. Filter yang sangat efisien terintegrasi dengan baik ke sistem setelah perawatan dan menjebak partikel halus saat gas buang melewatinya. Dalam mesin bensin, saat kondisi mengemudi normal, jelaga yang terperangkap akan teroksidasi menjadi CO2 dan filter diregenerasi setiap kali pengemudi mengangkat pedal gas.

Sumber : Bisnis Indonesia