Advertisement

Selama Ramadan, Sepeda Motor Matik Jadi Favorit

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 27 Juni 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Selama Ramadan, Sepeda Motor Matik Jadi Favorit Ilustrasi motor matik - Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Motor matik dari beragam segmen, penjualan sebelum Lebaran terus diminati. Kendati libur panjang Lebaran cukup memengaruhi penjualan, penjualan sepeda motor matik tetap tinggi. 

General Manager Marketing Yamaha SBM DIY Nur Kholis mengatakan penjualan sepeda motor matik Yamaha di wilayah pinggiran relatif masih tinggi. Dibandingkan penjualan di wilayah perkotaan yang cenderung turun menjelang Lebaran. 

Advertisement

"Memang agak turun, kebanyakan yang diwilayah Kota Jogja. Kalau penjualan di Gunungkidul, Bantul, di wilayah pinggiran masih relatif tinggi penjualannya," ujar Nur kepada Harian Jogja, Selasa (26/6). 

Nur mengatakan rerata penurunan penjualan sepeda motor di masa Lebaran ini sekitar 10%-15%. Penurunan tersebut salah satu penyebabnya karena masa liburan yang lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, tidak beroperasinya distribusi logistik selama masa angkutan mudik Lebaran. 

"Suplai unit sepeda motor sedikit terhambat, karena truk pengangkut sepeda motor tidak beroperasi sementara," kata Nur. 

Penjualan bulan lalu, untuk semua varian sepeda motor Yamaha mencapai 1.400 unit. Sedangkan penjualan terbanyak masih didominasi oleh kelas premium matik, Yamaha NMax. 

Nur menambahkan dua varian Yamaha Maxi, yakni NMax dan Lexi menjadi dua produk yang banyak diminati konsumen berbagai segmen. Untuk penjualan NMax perbulan masih berkisar 500 unit. 

"Sedangkan untuk Lexi, ini juga merupakan produk baru tetapi peminatnya sudah cukup tinggi, per bulan bisa terjual sekitar 180 unit. Jika ditotal, NMax dan Lexi ini penjualannya bisa mencapai 700 unit," kata Nur. 

Sementara itu, kelas motor matik Suzuki juga semakin diminati konsumen. Operasional Manager Suzuki Indojaya, Eko Kurniawan memperkirakan Juni-Juli ini, akan menjadi puncak penjualan sepeda motor di Jogja. Hadirnya produk sepeda motor matik baru di segmen low price, memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan. 

"Kalau dilihat tren penjualannya, baik jelang Lebaran atau setelah Lebaran ini, cenderung naik. Apalagi puasa lalu, kami menghadirkan generasi terbaru Suzuki Nex II," ujar Eko. 

Kebanyakan masyarakat masih mencari sepeda motor dengan harga yang terjangkau. Sejak diluncurkan sebulan lalu, penjualan Suzuki Nex II terus menarik perhatian konsumen. 

"Rerata dari keseluruhan penjualan, Suzuki Nex II penjualan mencapai 60 persen, sedangkan sisanya varian lain," kata Eko.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil AS Roma Vs AC Milan di Leg Kedua 2-1, Giallorossi Melaju ke Semifinal Liga Europa

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement