Jelang Lebaran, Pasar Mobil Bekas Tumbuh Hingga 40%

Pasar mobil bekas di Asia Tenggara saat ini diestimasikan bernilai lebih dari US30 miliar. - Ist/Carsome
07 Mei 2018 23:30 WIB Yudi Supriyanto Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Platform dagang-el mobil bekas consumer to business (C-to-B), Carsome memperkirakan penjualan mobil bekasnya menjelang Lebaran tahun ini akan meningkat 30%—40% dibandingkan dengan periode biasanya. 

Country Manager Carsome Andreas Djingga mengungkapkan peningkatan tersebut dapat terjadi seiring pertumbuhan permintaan dealer untuk memenuhi pasokan kendaraan bekasnya menjelang Lebaran tahun ini. “Mei ini momentum buat kita untuk menjual sebanyak mungkin karena dealer sekarang lagi menstok,” kata Andreas di Jakarta, Senin (7/5/2018). 

Dia menjelaskan mobil-mobil yang paling banyak diminati menjelang Lebaran tahun ini adalah kendaraan roda empat kecil serbaguna atau low multipurpose vehicle (LMPV) seperti Avanza, dan Xenia. 

Mobil-mobil bekas tersebut, ujarnya, menjadi favorit lantaran digunakan oleh masyarakat untuk keperluan mudik ke kampung halamannya. Perusahaan, lanjutnya, akan memberikan beberapa gimick bagi masyarakat yang ingin menjual kendaraannya ke dealer-dealer yang menjadi partner Carsome menjelang Lebaran tahun ini. 

Tidak hanya itu, perusahaan juga akan membuka titik inspeksi pada Mei–Juni 2018 bagi masyarakat yang ingin menjual kendaraannya. Masyarakat yang ingin menjual kendaraannya bisa mendatangi titik inspeksi tersebut. 

Selama dua tahun beroperasi di Indonesia, dia melanjutkan, Carsome telah mencatatkan nilai transaksi penjualan kendaraan bermotor mobil bekas mencapai Rp60 miliar. Carsome baru-baru ini mendapatkan suntikan dana dari investor internasional senilai US$19 juta atau setara Rp261,3 miliar untuk pendanaan seri B. 

Perusahaan ini didukung oleh investor lokal dan global yang berasal dari Eropa, Tiongkok, AS, Jepang, dan Singapura. 

Investasi baru ini dipimpin oleh Burda Principal Investments disusul Gobi Partners, lInnoVen Capital, serta Lumia Capital. Carsome saat ini telah beroperasi di empat negara yaitu Malaysia, Singapura, Indonesia dan Thailand.

Sumber : mobil bekas, penjualan mobil