Ini Rahasianya IIMS Bisa Jadi Magnet Pencinta Mobil dan Motor

Motor modifikasi gaya chopperland merek Royal Enfield 350 cc milik Presiden Joko Widodo yang dipajang pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. - ANTARA
29 April 2018 19:17 WIB Wike Dita Herlinda Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 selalu memberikan bocoran tentang motor keren yang akan segera dipasarkan. Oleh karena itu, ajang ini tidak hanya menjadi magnet bagi para penggemar mobil, tetapi juga bagi para pencinta kendaraan roda dua.

Di pameran yang digelar selama 19-29 April 2018 di JIExpo tersebut, berbagai produsen kendaraan roda dua berlomba-lomba memajang varian terbaru mereka untuk menggaet pembeli. Itu pula yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tidak tanggung-tanggung, Suzuki meluncurkan lima varian teranyar untuk tipe Nex II. Generasi kedua dari skuter matik (skutik) entry level tersebut membidik segmen pasar anak muda urban yang penuh gaya.

Managing Director 2W PT SIS Seiji Itayama mengatakan Suzuki Nex II terinspirasi dari gaya generasi milenial yang stylish. Skutik baru tersebut dipersenjatai dengan mesin 115 cc berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance), yang diklaim lebih efisien dan irit bahan bakar.

“Menyalakan mesin Nex II ini juga cukup mudah berkat teknlogi Suzuki Easy System, yang sudah digunakan pada line up motor Suzuki lainnya,” ujarnya.

Seiji menjelaskan pembaruan pada generasi kedua Nex terletak pada desain floorboard yang lebih luas, serta ruang kompartemen yang lebih besar untuk menampung lebih banyak barang simpanan di dalam motor.

Nex II baaru ini diluncurkan ke dalam 5 varian sekaligus, yaitu Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant, dan Standard. “Masing-masing memiliki fitur dan aksesori berbeda, sesuai bagi kebutuhan generasi dan karakter anak muda yang stylish.”

SEGMEN PREMIUM

Tak mau ketinggalan dengan Suzuki, Honda BigBike turut memperkenalkan varian motor gede (moge) di ajang IIMS. Memboyong Honda Gold Wing pada ajang tersebut, perusahaan yang mengambil tempat di hall D ini menyedot antusiasme para pecinta moge.

M. Fauzan Tanaka, konsultan di booth Honda BigBike, mengatakan meskipun dibanderol dengan harga fantastis senilai Rp1, 01 miliar, Gold Wing diklaim telah laku terbeli sejumlah 3 unit hanya dalam tiga hari sejak diluncurkan.

“Sejak launching, Gold Wing sudah laku 3 unit. Adapun, untuk pengiriman unit ke konsumen baru akan dilakukan pada Agustus. Warna yang dipilih oleh konsumen adalah 2 unit putih dan 1 unit merah,” ujarnya.

Moge tersebut dilengkapi dengan mesin 1.833 cc berkekuatan 123 tenaga kuda dengan torsi 170 Nm. Dengan bobot mencapai 380 kg, motor premium tersebut ditunjang oleh transmisi otomatis DCT dan tambahan gigi mundur.

Selain Gold Wing, Honda memboyong varian motor sport larisnya yaitu Afria Twin yang dibanderol Rp464,12 juta, Honda CB 650F yang ditawarkan seharga Rp235,38 juta, dan CB 500F yang dijual seharga Rp139,9 juta.

Selain motor-motor Jepang, motor Eropa pun tak ketinggalan unjuk gigi di ajang IIMS 2018. Salah satunya seperti dilakukan oleh BMW Motorrad yang meluncurkan moge sport terbarunya yaitu BMW HP4 Race.

Motor balap premium ini diproduksi dalam jumlah sangat terbatas, yaitu hanya sebanyak 750 unit di seluruh dinia. Saat ini di Indonesia hanya ada 1 unit yang tersedia dan dipamerkan dengan mentereng di IIMS 2018.

Dengan penawaran harga Rp2,1 miliar, HP4 Race menawarkan desain yang menawan dengan rangka dan velg serat karbon yang sangat ringan dengan bobot hanya 164 kg. Kapasitas mesinnya adalah 999 cc dengan teknologi 4 silinder yang setara dengan 215 tenaga kuda.

Motor ini memiliki torsi 120 Nm dan diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi 300 km/jam. Suspensi depannya menggunakan Ohlins FGR300WSBK fork, sedangkan suspensi belakangnya memakai Ohlins TTX36GP.

“HP4 Race hanya ada 1 unit di Indonesia, dan ini merupakan motor ke-114 dari total 750 yang dipasarkan di seluruh dunia. Jadi, inilah yang membuatnya sangat istimewa karena hanya ada satu-satunya di Indonesia,” ujar CEO BMW Motorrad Joe Frans.

Sumber : Bisnis Indonesia