Advertisement

Antisipasi Efek Rupiah Melemah, Komponen Lokal Dioptimalkan

Dara Aziliya
Kamis, 26 April 2018 - 19:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Antisipasi Efek Rupiah Melemah, Komponen Lokal Dioptimalkan Ilustrasi sepeda motor Honda. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pelemahan rupiah terhadap dolar dapat mempengaruhi industri perakitan kendaraan. PT Astra International Tbk berusaha mengatasi masalah ini dengan mengoptimalkan kandungan komponen lokal pada kendaraan yang diproduksi perseroan. 

Saat krisis keuangan 1998, Astra mulai meningkatkan kandungan lokal pada komponen kendaraaan. Hingga akhir tahun lalu, tingkat komponen lokal kendaraan roda dua produksi perseroan mencapai lebih dari 90%. 

Advertisement

Direktur Independen Astra International Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan sejauh ini perseroan belum terdampak secara signifikan atas pelemahan nilai tukar. Selain itu, perseroan akan meningkatkan porsi kendaraan yang diekspor sehingga dapat mengompensasi risiko penurunan pendapatan di pasar domestik. 

“Tahun lalu, kita mengespor 231.000 unit kendaraan, 75% di antaranya merupakan produksi Astra. Tahun ini, kami berupaya ekspor Astra bisa naik sedikit karena ada tambahan negara destinasi ekspor baru,” ungkap Djony di Jakarta, Rabu (25/4/2018). 

Data perseroan menunjukkan sepanjang tahun lalu, ekspor melalui Astra Honda Motor tercatat sebanyak 83.000 unit, sedangkan ekspor melalui Toyota Motor Manufacturing Indonesia mencapai 115.000 unit. 

Sementara itu, Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto mengungkapkan tingkat konten lokal pada kendaraan perseroan belum mencapai 100% karena masih ada komponen yang spesifikasi produk lokalnya belum memenuhi ketentuan perseroan. 

Kendati demikian, jika perlemahan rupiah terus berlanjut, perseroan akan menempuh kenaikan harga produk kendaraan. “Produk Astra juga banyak yang diekspor dan itu akan membantu terhadap risiko dari perlemahan rupiah ini,” ungkap Prijono. 

Astra International membukukan laba bersih sebesar Rp4,980 triliun selama kuartal pertama tahun ini. Capaian tersebut melemah 2% dari capaian perseroan selama kuartal pertama tahun lalu (yoy) yang mencapai Rp5,08 triliun. 

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasian perseroan, emiten dengan kode saham ASII tersebut membukuan kenaikan pendapatan sebesar 14% (yoy) dari sebelumnya Rp48,78 triliun, menjadi Rp55,82 triliun pada kuartal I/2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Skor Adu Penalti 10-11: Pratama Arhan Penentu Kemenangan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement