UMKM Pacu Penjualan Mobil Niaga

Ilustrasi Grand Max. - Daihatsu
18 April 2018 13:30 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada kuartal pertama 2018 ini, penjualan beberapa merek mobil niaga meningkat seperti Suzuki Carry dan Mega Carry serta Daihatsu Grand Max. Segmen pasarnya pun diklaim makin luas, mulai dari industri kecil hingga perusahaan-perusahaan besar.

General Manager Sumber Baru Mobil Rizki Indriananta mengatakan penjualan mobil niaga meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan pada kuartal pertama 2018 ini, penjualan mobil Suzuki Carry dan Mega Carry naik sebanyak 22% dibandingkan pada awal 2017. Rizki menambahkan kini pasar kedua jenis mobil ini didominasi oleh industri-industri kecil. Misalnya seperti pengusaha katering, bakpia, peternakan, dan lain-lain.

Hal tersebut menurutnya karena industri kecil semakin membutuhkan jenis mobil yang mendukung pengembangan usaha mereka. Maka jenis mobil seperti Carry dan Mega Carry juga makin banyak peminatnya.

"Apalagi jenis mobil niaga memang punya fitur-fitur khusus yang menguntungkan para pelaku usaha. Produk kami misalnya yang punya keunggulan ground clearance lebih tinggi dan bak terpisah untuk memenuhi kebutuhan pasar," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (17/4/2018).

Penjualan Daihatsu
Hal senada disampaikan Kepala Cabang Astra Daihatsu Yogyakarta Sigit Suryanto. Menurutnya dibandingkan dengan awal tahun lalu, penjualan mobil niaga meningkat hingga 3%. Pihaknya menghitung ada sekitar 400 unit yang telah terjual pada kuartal pertama 2018 ini. Sementara jika dibandingkan dengan penjualan keseluruhan tipe, Grand Max masih memegang pasar yang cukup besar yakni mencapai 35%.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan mobil niaga memang ada kecenderungan meningkat. Kalau dibandingkan dengan penjualan jenis lainnya, stabil di kisaran 35 persen," katanya.

Sigit juga menyebut pasar Grand Max ini cukup merata. Mulai dari industri kecil, menengah, dan besar bahkan hingga level perusahaan.

Sales Supervisor PT Astra Daihatsu Motor Yogyakarta Kantor Cabang Magelang, Yohanes Ros Ario Adhinugroho menjelaskan untuk penjualan awal tahun Grand Max memang mendominasi dan menunjukkan tren penjualan yang ajek. Tren tersebut bakal berubah mendekati Lebaran dan Tahun Baru. Sebab pada waktu-waktu tersebut dapat dipastikan penjulan mobil kategori passenger seperti Sigra dan Xenia bakal meningkat tajam.

"Kalau hitungan per tahun tentu saja Grand Max Pick Up leading karena penjualannya stabil tiap bulan. Sedangkan passenger punya waktu-waktu tertentu untuk meledak di pasaran," katanya.