Mau Naik Mobil Mewah Tanpa Membeli? Simak Caranya

Ilustrasi Mercedes Benz. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
08 April 2018 14:30 WIB Saeno Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Mobil mewah memang bukanlah kebutuhan primer. Namun terkadang kita ingin menjajalnya, entah sekadar mencoba sampai alasan presitius. Bagi Anda yang tertarik, mungkin tren di negara barat bisa jadi pilihan, yakni berlangganan mobil mewah.

BMW adalah perusahaan otomotif yang paling baru menawarkan layanan berlangganan kendaraan di AS. Acces by BMW, demikian nama layanan tersebut memberikan akses tak terbatas kepada untuk memilih beragam kendaraan BMW hanya dengan satu akun langganan bulanan.

Layanan yang disebut sebagai program percontohan di Nashville, Tennessee itu akan difasilitasi dealer BMW lokal yang bertanggung jawab untuk pengiriman dan pemeliharaan kendaraan.

Setelah membayar biaya pendaftaran sebesar US$ 575, anggota dapat meminta kendaraan melalui aplikasi seluler. Setelah itu seorang petugas BMW secara pribadi akan mengirimkan mobil yang sepenuhnya berbahan bakar “paling mendekati kebutuhan anggota” ke lokasi mereka sesuai waktu yang diinginkan.

Dengan rasio penggunaan bulanan sejauh 2.000 mil (3.218 km) dan kilometer yang tidak terpakai dapat diperpanjang, pelanggan dapat menikmati rasanya memiliki mobil semewah BMW. Jika penggunaan kendaraan lebih dari 2.000 mil (3.218 km) akan ada biaya tambahan sebersar $0,50 per mil. Selebihnya, tidak ada batasan seberapa sering anggota dapat berganti kendaraan dalam bulan tertentu.

Syaratnya, setiap pelanggan ada tingkatan kategori khusus. Untuk kategori 'Legend' dengan biaya $ 2.000 pelanggan bisa "memiliki" sedan (Seri 5), SUV (X5), coupe dan convertible (Seri 4), hibrida plug-in iPerformance (530e, X5 xDrive40e) dan satu opsi seri M jika Anda butuh memacu adrenalin.

Jika kurang "seru", tersedia tingkatan "M" lainnya, yakni M4, M5, M6, X5M dan X6M yang bisa menjadi milik Anda dengan biaya mulai dari US$3.700 per bulan.

Biaya bulanan ini sudah termasuk perawatan kendaraan, asuransi dan bantuan gangguan di jalan dari BMW. Pada dasarnya, tidak ada tambahan biaya yang harus ditanggung pemilik mobil, selain biaya bahan bakar.

Porsche Panamara E Hybrid/Porsche
BMW bukan yang pertama atau satu-satunya di model bisnis baru ini. Akhir tahun lalu, Porsche memulai layanan berlangganan berbasis aplikasi yang disebut Porsche Passport. Proyek percontohan terbatas pada 50 orang di kota Atlanta di AS.

Seperti BMW, Porsche menawarkan dua tingkatan kategori pelanggan. Dengan biaya US$2.000 per bulan, pelanggan dapat memiliki 718 Boxster, Cayman S, Macan S atau Cayenne sesuai permintaan. Sementara itu 22 model Porsche tersedia bagi pelanggan dengan biaya US$1.000 lebih per bulan.

Seperti halnya BMW, tidak ada batasan berapa kali seseorang dapat bertukar mobil. Semua biaya tidak termasuk bahan bakar. Sedangkan perawatan oleh Volvo dan BUKU Cadillac berlaku sama.

Mengapa pembuat mobil bereksperimen dengan model berlangganan ini. Tampaknya mereka melihat konsumen millennial sebagai pasar yang berprinsip menggunakan tanpa memiliki. Jika model Uber (vs memiliki mobil) dan Spotify (dibandingkan membeli sebuah pemutar musik) menjadi pilihan mereka, maka pembuat mobil pun perlu beradaptasi dengan tren bebas komitmen ini. Bukan mustahil, tren bebas komitmen ini menjadi norma di masa depan.

“Ketika pelanggan terus mengeksplorasi pasar mobilitas yang berkembang, penawaran terkait layanan menjadi lebih diminati. Layanan berbasis langganan adalah minat yang muncul bagi pelanggan kami, dan kami senang dapat menawarkan layanan mobilitas untuk memenuhi kebutuhan individu dan berkembang mereka, ”kata Ian Smith, CEO BMW Group Financial Services USA.

“Program percontohan adalah peluang besar bagi kami untuk belajar. Di masa depan, jaringan dealer BMW secara nasional akan menjadi bagian integral dari kesuksesan Acces by BMW. Kami akan sangat bergantung pada kerja sama erat mereka untuk terus memenuhi dan melampaui harapan konsumen, dan untuk memastikan pengembangan berkelanjutan dari model bisnis baru ini, ”tambahnya.

Porsche bahkan menyatakan lebih tegas. “Kami sekarang memiliki generasi milenium yang sangat sukses dan memiliki kekuatan keuangan untuk memiliki Porsche, tetapi mungkin tidak akan mau memiliki Porsche hari ini. Kami yakin itu akan membantu penjualan, terutama dalam jangka menengah dan panjang, ”kata Klaus Zellmer, presiden Porsche Amerika Utara kepada Bloomberg.

Berganti mobil kapan pun Anda suka, tanpa harus repot dengan perawatan dan asuransi yang berpotensi mahal tentunya terdengar menggiurkan. Anda berminat mencoba?

Sumber : paultan.org