Advertisement

AJANG BALAP: Sirkuit Silverstone Inggris Diaspal Ulang

Chrisna Chaniscara
Minggu, 01 April 2018 - 18:40 WIB
Sugeng Pranjoto
AJANG BALAP: Sirkuit Silverstone Inggris Diaspal Ulang Formula 1 - REUTERS/Brandon Malone

Advertisement

Harianjogja.com, NORTHAMPTONSHIRE — Catatan waktu mobil Formula 1 (F1) di GP Inggris diperkirakan bisa satu detik lebih cepat seusai pengaspalan ulang pada seluruh bagian Sirkuit Silverstone. Trek sirkuit diketahui belum pernah diaspal ulang total sejak 1996.

Pemilik Silverstone melakukan pengaspalan ulang setelah mendapat desakan dari promotor Moto GP, Dorna. Sejumlah pembalap Moto GP meminta beberapa bagian sirkuit untuk direnovasi agar permukaan lebih mulus.

Advertisement

Namun Silverstone melakukan lebih dari yang diminta Dorna dan memanfaatkan kesempatan langka ini untuk mengaspal ulang sirkuit sepanjang 5,9 kilometer itu. Proyek ini sudah selesai dikerjakan pada Februari 2018 lalu.

“Trek Silverstone belum pernah kami aspal ulang [sepenuhnya] sejak 1996. Permukaannya terlihat seperti hasil tambal sulam,” ujar Direktur Pengelola Silverstone, Stuart Pringle, seperti dilansir Motorsport, Sabtu (31/3/2018).

Pringle mengatakan beberapa permukaan yang tidak rata sudah dihilangkan. Pihaknya memerkirakan mobil F1 nantinya bisa melaju satu detik lebih cepat per lap. Saat ini catatan lap terbaik di Sirkuit Silverstone dipegang Lewis Hamilton dengan waktu 1 menit 30,621 detik pada 2017. Adapun GP F1 Inggris tahun ini akan digelar pada 6-8 Juli 2018.

“Semua kategori balap yang akan berkompetisi di layout GP nantinya juga berpeluang memecahkan rekor. Cengkeraman dalam kondisi basah juga akan lebih baik. Ini adalah perkembangan menarik untuk Silverstone,” tukas Pringle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Berikut Tim yang Lolos ke Semifinal Liga Europa 2024 dan Jadwal Pertandingannya

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement